Penyambungan Pipa PVC : Alat & Cara

 INSTALASI PIPA PVC

 A. Penyambungan Pipa PVC

Instalasi pipa tidak hanya terdiri dari satu batang pipa, namun terdiri dari beberapa pipa yang disambung untuk mengalirkan air sampai ke outlet terakhir. Jenis sambungan ditentukan berdasarkan jenis material pipanya dan letak sambungannya. Penyambungan untuk pipa pvc cukup sederhana dengan menempelkan dua batang pipa menggunakan penyambung yang tepat. Untuk memperkuat sambungan digunakan seal tape pada sambungannya. Ujung pipa ada yang menggunakan drat dan ada juga yang jenis polos. Sambungan yang berdrat, pada ujungnya terdapat ulir. Agar sambungan lebih kokoh, meskipun memakai ulir tetapi seal tape tetap digunakan.

1. Alat Penyambung Pipa PVC

Berbagai bentuk alat penyambung dalam penyambungan pipa PVC tersedia dalam model dan bentuk yang cukup banyak ragamnya, diantaranya adalah seperti berikut;
a. Elbow, untuk menyambung pipa dengan arah 90°dan ada juga yang 45°
b. Flock Shock, untuk menyambung dua pipa dengan diameter yang sama.
c. Reducer Shocket, untuk menyambung dua pipa dengan diameter yang berbeda.
d. Tee, untuk menyambung tiga batang pipa dengan diameter yang sama
e. Valve Socket, untuk menyambung pipa dengan kran atau pipa lain yang memiliki drat dalam.


Gambar Alat Penyambung Pipa PVC

2. Cara Penyambungan Pipa PVC

Proses pengerjaan sambungan pipa PVC adalah sebagai berikut;
a. Pipa Pilih lem yang berbahan dasar sama dengan pipa yang akan disambung. Biasanya setiap produsen pipa menyediakan lem khusus untuk penyambungan pipa.
b. Bersihkan kedua permukaan yang akan disambung baik dari kotoran, minyak atau air. Ada baiknya menggunakan cairan pembersih (cleaner).
c. Oleskan lem PVC secara merata secukupnya, dengan menggunakan kuas yang lembut dan bersih. Teknik Konstruksi Bangunan Gedung Sederhana 195
d. Sambungkan segera sebelum lem mengering. Biarkan sambungan mengering. Sambungan akan sempurna setelah 24 jam.
e. Penggunaan seal tape penting, agar kedua pipa dapat terikat kuat. Seal tape dipakai pada valve socket yang telah dipasang pada kedua ujung pipa. Hal ini juga digunakan untuk pipa besi.
f. Penyambungan bisa juga menggunakan valve. Namun yang perlu diingat adalah tidak boleh terlalu kencang karena bisa merusakkan pipa. Pengencangan valve menggunakan kunci inggris sehingga potensi untuk mengencangkan valve menjadi berlebihan.


3. Penyambungan Pipa yang Rusak/Bocor

Selengkapnya : Teknik konstruksi Bangunan Gedung

==
0 comments