Unsur dan Senyawa sebagai Zat Tunggal

Unsur

Sebelumnya, kita telah membahas tentang unsur dan senyawa sebagai zat tunggal. Kali ini kita akan membahas secara detil tentang unsur dan senyawa. Unsur merupakan zat tunggal yang tidak dapat diuraikan lagi menjadi zat-zat lain yang lebih sederhana dengan reaksi kimia biasa. Dalam kehidupan sehari-hari kita mudah menjumpai dan mengenal unsur. Arang yang berwarna hitam, kita jumpai pada sisa pembakaran, pinsil dan juga digunakan sebagai eleektroda dalam batere, arang adalah unsur karbon. Logam juga dapat kita jumpai dalam bentuk perhiasan emas, perak dan platina. Selain itu beberapa logam lain didapat dari barang tambang yang ada di Indonesia seperti alumunium di Asahan, timah di Bangka, besi di Sulawesi, tembaga di Timika dan nikel di Soroako. Contoh unsur logam cadmium, air raksa dan timah hitam disajikan pada Gambar 1.

Gambar 1. Contoh unsur logam, A unsur cadmium, B air raksa dan C adalah timah hitam.


1. Nama unsur

Nama unsur yang kita kenal dalam bahasa Indonesia belum tentu sama dengan nama unsur baku yang ditetapkan oleh International Union of Pure and applied Chemistry (IUPAC) yang kita kenal kadang-kadang berbeda, misalnya tembaga nama kimia yang menurut IUPAC adalah Cuprum, demikian juga emas adalah aurum.

Nama unsur diambil dari nama satu daerah seperti germanium (Jerman), polonium (Polandia), Fransium (Perancis), europium (Eropa), amerisium (Amerika), kalifornium (Kalifornia), stronsium (Strontia, Scotlandia) lihat Gambar 2. ilmuan yang berjasa didalam bidang kimia juga digunakan seperti: einstenium (Einstein), curium (Marie dan P Curie), fermium (Enrico Fermi), nobelium (Alfred Nobel). Nama-nama planet juga diabadikan sebagai nama unsur seperti: uranium (Uranus), plutonium (Pluto), dan neptunium (Neptunus). Untuk beberapa unsur yang baru ditemukan, khususnya untuk unsur dengan nomor 104 keatas mempergunakan akar kata dari bilangan.

nil = 0, un = 1, bi = 2, tri = 3 quad =4, pent = 5, hex = 6, sept = 7, okt = 8 dan enn = 9.

Untuk lebih jelasnya kita ambil contoh untuk unsur dengan nomor 107 yaitu unnilseptium, yang berasal dari bilangan 1 : un, bilangan 0 : nil, dan tujuh : sept serta + ium, sehingga nama unsur tersebut adalah unilseptium (Uns).

2. Lambang Unsur

Kita sudah mengenal nama-nama unsur, tentunya cukup sulit jika kita menggunakan nama unsur dalam mempelajari ilmu kimia, tentunya kita perlu melakukan penyederhanaan agar lebih mudah diingat. Pencetus ide lambang unsur adalah Jons Jacob Berzelius pada tahun 1813. Dia mengusulkan pemberian lambang kepada setiap unsur dengan huruf. Pemilihan lambang unsur diambil dari huruf pertama (huruf besar atau kapital) dari unsur tersebut. Perhatikan nama unsur berikut, oksigen dilambangkan dengan huruf O (kapital), carbon dengan C (kapital) dan nitrogen yang diberi lambang dengan huruf N (kapital), Gambar 3.

Gambar 2. Aturan penamaan unsur


Gambar 3. Penamaan lambang unsur dengan menggunakan huruf kapital dari nama unsurnya


Penamaan Unsur Lokasi Daerah Nama Ilmuan Nama Bilangan


Banyak nama unsur yang daiawali dengan huruf yang sama misalnya hudrogen dengan hidrargirum, tidak mungkin menggunakan satu huruf awal dari kedua unsur tersebut. Sehingga penamaan unsur dapat dilambangkan dengan menggunakan lebih dari satu huruf.

Penulisan dapat dilakukan dengan menggunakan huruf kapital dari nam unsur sebagai huruf pertamanya, dilanjutkan dengan menuliskan huruf kecil dari salah satu huruf yang ada pada unsur tersebut. Untuk lebih mudahnya kita ambil contoh di bawah ini unsur Zinc dilambangkan dengan Zn dan cuprum dengan huruf Cu. Beberapa kasus menarik terjadi, misalnya untuk unsur argon dan argentums, kedua unsur ini memiliki huruf pertama yang sama, dalam penamaannya huruf keduanya menjadi pembeda. Untuk argon dilambangkan dengan Ar, sedangkan argentum dilambangkan dengan Ag, perhatikan Gambar 4. Kasus lainnya adalah unsur cobalt, dilambangkan dengan huruf Co, jika kita tidak hati-hati dalam penulisannya dan ditulis dengan CO yang berarti gas carbon monoksida.


Gambar 4. Pelambangan unsur menggunakan dua huruf dari nama unsur tersebut


3. Unsur dialam

Unsur di alam cukup melimpah, berdasarkan jenisnya maka unsur dapat kita kelompokkan menjadi dua jenis yaitu unsur logam dan unsur bukan logam. Unsur logam mudah dikenali dengan ciri􀍲ciri; permukaannya mengkilat, berbentuk padat, kecuali air raksa (Hg) yang berbentuk cair. Unsur logam mudah ditempa dapat menjadi plat atau kawat dan memiliki kemampuan menghantar arus listrik atau konduktor.Unsur logam banyak terdapat di bumi kita dan beberapa contaoh disajikan dalam di bawah ini.


Tabel 1. Daftar unsur logam yang mudah kita temukan



Nama Lambang Nama lain Ferum Fe Besi atau Iron Hydrargirum Hg Air raksa atau Mercury Cuprum Cu Tembaga atau Copper Plumbum Pb Timah hitam atau Lead Argentum Ag Perak atau Silver Kalium K Potassium A r g o n Ar A r g e n t u m Ag


 

Unsur bukan logam umumnya di alam terdapat dalam wujud padat atau gas, unsur ini tidak dapat menghantarkan arus listrik dan juga panas (isolator), dalam wujud padat tidak dapat ditempa dan juga tidak mengkilat.

Untuk unsur bukan logam yang berwujud padat ditemukan dalam bentuk unsurnya, misalnya silicon dalam bentuk Si dan carbon dalam bentuk C. Selain itu juga ditemukan dalam bentuk senyawa seperti; unsur fosforus ditemukan dalam bentuk P4, dan unsur Sulfur atau belerang ditemukan dalam bentuk S8. Molekul unsur untuk fosforus dan sulfur disebut juga dengan molekul poilatomik, karena dibentuk oleh lebih dari dua atom yang sejenis perhatikan Gambar 5.


Untuk yang berwujud gas, umumnya tidak dalam keadaan bebas sebagai unsurnya namun berbentuk molekul senyawa, misalnya unsur oksigen dialam tidak pernah ditemukan dalam bentuk O, tetapi dalam bentuk gas oksigen atau O2, demikian pula dengan nitrogen dalam bentuk N2 dan klor dalam bentuk Cl2. Molekul unsur untuk oksigen, nitrogen dan klor disebut juga dengan molekul diatomik atau molekul yang dususun oleh dua atom yang sejenis, lihat Gambar 5.

Gambar. 5. Bagan pengelompokan unsur bukan logam di alam


Beberapa Unsur logam dengan bentuk dan keberadaannya di alam disajikan dalam Tabel 2.

Tabel 2. Daftar unsur bukan logam yang mudah kita temukan


Nama Lambang Di alam sebagai Unsur Senyawa Hidrogen H 􀍲 H2 Oksigen O 􀍲 O2 Nitrogen N 􀍲 N2 Belerang S 􀍲 S8 Posfor P 􀍲 P4 Argon Ar Ar 􀍲 Carbon C C 􀍲 Unsur Bebas Senyawa Carbon (C) Silicon (Si) Argon (Ar) Neon (Ne) Diatomik Poliatomik Oksigen O2 Nitrogen N2 Klor Cl2 Fosforus P4 Sulfur S8


4. Atom

Jika unsur kita potong kecil, dan dihaluskan maka suatu saat kita akan mendapatkan bagian (partikel) yang terkecil, dan sudah tidak tampak oleh mata kita, bagian terkecil dari sebuah dikenal dengan istilah atom.

Walaupun tidak terlihat oleh mata kita, namun keberadaan atom sudah terbukti. Untuk mempermudah kita analogikan dengan kejadian berikut ini. Jika kita melemparkan sebuah kelereng ke lapangan sepakbola, tentu kita sulit melihat kelereng tersebut. Suatu saat kita dapat melihat adanya kelereng tersebut, ketika ada kilauan yang tampak oleh mata kita akibat kelereng memantukan cahaya matahari. Dengan kata lain keberadaan kelereng diketahui karena adanya sifat dimana kelereng dapat memantulkan cahaya.


Demikian pula dengan atom, dengan kemajuan teknologi sifat atau ciri khas atom diketahui, sehingga atom dapat ditemukan. Saat ini telah ditemukan mikroskop elektron, dengan mikroskop ini kita dapat mengamati atom.
Sebuah inti atom memiliki ukuran sekitar 1 Fermi, lihat Gambar 6.

Pengertian atom sebagai partikel terkecil yang tidak dapat dipecah lagi, pertama kali dikemukakan oleh seorang ahli filsafat Yunani Leukippos dan Deumokritus yang hidup pada abad ke-4 sebelum Masehi (400 – 370 SM).

Pendapat Leukippos dan Deumokritus selanjutnya dikembangkan oleh John Dalton, pada tahun 1805 mengajukan teori menyatakan bahwa;
1. Setiap materi tersusun atas partikel terkecil yang disebut atom.
2. Atom tidak dapat dipecah lagi menjadi partikel yang lebih kecil dengan sifat yang sama.
3. Atom-atom dari unsur tertentu mempunyai sifat dan massa yang identik. Unsur-unsur yang berbeda memiliki atom-atom yang massanya berbeda, perhatikan Gambar 7 sebagai ilustrasi atom menurut John Dalton.

Selanjutnya para ilmuan melanjutkan penelitian yang terfokus pada massa atom. Hasil penelitian terakhir menunjukan bahwa setiap unsur terdapat dalam beberapa bentuk isotop, dan hanya atom isotop yang sama yang identik.


Gambar 6. Ukuran atom dari unsur Helium


Gambar 7. Setiap Unsur disusun oleh atom-atom yang identik, unsur disusun oleh atom A yang identik, demikian pula dengan unsur B


5. Ion

Unsur logam di alam dapat berupa unsur bebas dan dapat berbentuk senyawa. Beberapa unsur logam berbentuk bebas sudah kita bahas sebelumnya seperti emas, perak, platina dan lainnya. Kenyataannya banyak unsur logam di alam ditemukan dalam bentuk senyawa, seprti besi yang ditemukan dalam bentuk besi oksida (Fe2O3), kalsium dalam bentuk kapur atau CaCO3.

Senyawa Fe2O3, merupakan gabungan dari atom atau kumpulan yang bermuatan, baik yang bermuatan positif atau bermuatan negatif. Dalam hal ini atom besi bermuatan positif, sedangkan oksigen bermuatan negatif.

Atom atau kumpulan atom yang bermuatan disebut juga dengan ion, berdasarkan jenis muatannya dibedakan sebagai kation yaitu ion bermuatan positif dan anion adalah ion yang bermuatan negatif. Pembuktian bahwa senyawa mengandung dilakukan dengan melarutkan senyawa kedalam air, misal melarutkan NaCl, maka senyawa tersebut terurai atau terionisasi menjadi ion-ionnya, NaCl terurai menjadi Na+ dan Cl-, untuk lebih mudahnya lihat Gambar 8.

Gambar 8. Senyawa NaCl terurai menjadi ion-ion, sebagai bentuk bahwa ion ada di alam 

Senyawa   

 

Selengekapnya tentang Kimia kesehatan : peran ilmu kimia dalam bidang kesehatan.

==
0 comments